Cara Mengatasi IDM Yang Tidak Muncul Di Youtube

Cara Mengatasi IDM Yang Tidak Muncul Di Youtube

Posted on

Bagaimana sih cara mengatasi IDM yang tidak muncul di Youtube? Banyak sekali pengguna IDM yang menanyakan hal ini. Pertanyaan tersebut muncul lantaran downloader tersebut tidak muncul di video Youtube yang sedang diputar dan ingin didownload.

Padahal, alasan orang-orang menggunakan Internet Download Manager (IDM) karena ingin memanfaatkan downloader tersebut untuk mendownload video Youtube yang diinginkan. Sebab jika menggunakan perangkat lunak tersebut, proses download bisa berlangsung lebih cepat.

Oleh karena itu, ketika IDM tidak muncul, tentu para pengguna merasa terganggu dan mencari tahu penyebab dan cara mengatasinya. Oleh karena itu, pada postingan kali ini akan disebutkan bagaimana cara mengatasi IDM yang tidak muncul di Youtube.

Apa sih Penyebab IDM Tidak Muncul YouTube?

Kasus di atas terjadi tentu saja karena ada penyebabnya. Hanya dengan mengetahui penyebabnya, barulah bisa diketahui solusi yang bisa ditempuh untuk mengatasi masalah tersebut.

Perlu diketahui bahwa penyebab IDM tidak muncul terkadang karena perangkat lunak tersebut tidak terpasang dengan benar. Akibatnya, tombol IDM tidak muncul. 

Terkadang masalah tersebut juga muncul disebabkan karena software IDM masih menggunakan versi lama dan belum diupgrade. Meskipun sudah diupgrade, terkadang masalah yang muncul juga disebabkan oleh PC/laptop yang tidak support dengan versi terbaru.

Penyebab terakhir yang juga bisa menjadi pemicu munculnya masalah di atas adalah software IDM yang belum diaktivasi setelah diinstal. Biasanya hal ini terjadi pada orang yang baru pertama kali menggunakan IDM.

Bagaimana Cara Mengatasi IDM yang Tidak Muncul di Youtube?

Setelah mengetahui apa saja penyebab kasus di atas, selanjutnya yang juga penting untuk diketahui adalah bagaimana cara mengatasi masalahnya. Berikut detail cara yang bisa dilakukan :

1.Upgrade Software

Cara paling pertama yang perlu dilakukan adalah mengupgrade software IDM terbaru di browser Anda. Dalam hal ini, Anda bisa mencari versi terbarunya di Google. Ketikkan saja kata kunci yang relevan untuk mendapatkan versi terbaru.

Setelah Anda menginstal IDM versi terbaru, barulah Anda menginstalnya di PC/laptop yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan versi berbayar, biasanya informasi upgrade akan muncul sendiri, sehingga Anda tinggal melakukan instruksi yang ada.

2.Install Ulang IDM Extension

Setelah Anda menginstal versi terbaru atau mengupgradenya secara langsung, selanjutnya Anda perlu menginstal ulang IDM extension di browser yang Anda gunakan. Jika Anda memakai Google chrome, klik saja titik tiga yang ada di pojok kanan atas browser Anda. Setelah itu, pilih ‘more tools’ lalu buka ‘extension’.

Setelah kolom IDM Integration Module terlihat, klik saja menu remove. Nantinya akan muncul pop-up untuk konfirmasi. Klik remove lagi agar proses hapus selesai. Setelah Anda melakukan langkah di atas, berarti software tersebut telah terhapus dari browser Anda.

Setelah itu, instal ulang software yang sudah Anda hapus sebelumnya. Caranya, buka saja menu program file di komputer (Disk C), lalu cari file bernama ‘IDMGCExt.crx’. Nah, drag saja file tersebut ke kolom IDM Integration Module yang masih terbuka tadi.

Selanjutnya, akan muncul pop-up instal ulang. Klik saja tombol yang dibutuhkan agar proses instal ulang berjalan. Jika sudah selesai, akan muncul menu ‘Add IDM Integration Module’. Pilih saja tombol ‘Add extension’.

Baca Juga : Cara Mengembalikan Layar Laptop yang Terbalik

Setelah Anda melakukan langkah-langkah di atas, berarti browser Chrome yang Anda gunakan sudah terintegrasi dengan IDM. Dijamin Anda sudah bisa mendownload video Youtube yang Anda inginkan.

Oh ya, cara mengatasi IDM yang tidak muncul di Youtube pada poin nomor 2 di atas khusus untuk Google Chrome. Jika Anda menggunakan browser lain seperti Firefox, Internet Explorer, atau yang lainnya, cara yang perlu Anda lakukan tentu akan berbeda.